1.
TEBAR
PESONA
Kunci menebar pesona di lingkungan kantor Anda adalah
dengan menebarkan senyuman ramah pada siapa saja. Seseorang dengan wajah ceria,
senyum manis yang otomatis membuat mata jadi berbinar, bisa menularkan keceriaan
itu pada setiap orang yang dijumpainya. Hal ini akan membuat Anda diingat
setiap orang di lingkungan Anda. Tak perlu anda harus ngobrol panjang lebar
setiap ketemu rekan-rekan Anda di kantor, cukup dengan tebar pesona . Anda akan
tetap disukai.
2.
PASANG KUPING / TELINGA ITU PENTING
Ini urusannya bukan untuk bergosip, jadi bakal
terhindar darikecamn sekitar. Pasang kuping / telingan itu artinya siap jadi
tempat curhat. Banyak orang yang selalu ingin obrolannya didengar, isi hatinya
diperhatikan. Nah, anda siap menampung hal itu dengan kuping/telinga Anda. Berbicara sedikit saja namun lebih
banyak mendengarkan. Meski isinya mungkin keluhan atau hal yang sebenernya tak
Anda minati. Anda tak perlu buka mulut. Pasang kuping/telinga saja , tampung.
Mingkin Anda merasa bosan namun ada trik
jitu untuk menangkalkan kebosanan itu, tak perlu seratus persen
mendengarkannya. Cuma, sesekali, ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
masalahnya. Ini akan meyakinkan dia bahwa Anda benar-benar memperhatikannya,
peduli dengannya.
3.
MEMBERI ATENSI PRIBADI
Sebagai rekan kerja tidak cukup jika hanya mengenal
saja, tetapi cobalah mengetahui hal-hal khusus dari rekan-rekan di sekitar Anda.
Hal keseharian saja yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik atensi dia.
Misalnya hari ulangtahun, makanan atau warna favorit, dan semacamnya. Gunakan
itu untuk memberikan hal-hal kecil yang menyenangkan dirinya, misalnya
tinggalkan kartu ucapan selamat ulang tahun di meja nya sebelum ia tiba di pagi
hari. Atau, hadiahkan notes kecil dengan warna kesayangannya. Hal-hal kecil
semacam itu bakal member kepastian bahwa Anda peduli pada rekan Anda.
4.
RINGAN
TANGAN
Siaplah untuk membantu hal yang bisa Anda lakukan,
kalau rekan di kantor tengah kerepotan. Hal-hal kecil dimana Anda bisa
meringankan beban mereka, akan membuat mereka merasa Anda seorang sahabat
sejati.
5.
ROYAL PUJIAN
Jangan pelit memberi pujian pada rekan anda atas
hal-hal yang membanggakannya. Namun juga jangan asbun alias asal bunyi.
Ungkapkan dengan tulus dari hati yang paling dan wajar-wajar saja, jangan
terlalu berlebihan seperti mengambil muka. Dan kalau ternyata tak ada yang
harus dipuji, juga jangan terlalu mencari-cari. Begitu pula peluang untuk
memuji.
6.
HORMATI PRIVASINYA
Jika Anda ingin di hormati orang lain, maka Anda
harus menghormati orang lain terlebih dahulu. Meski Anda telah bersahabat
karib, jangan melanggar privasi rekan Anda tanpa seijinnya. Hal ini akan
membuat rekan dan sahabat Anda merasa aman dengan Anda dan merasa dihargai.
Pada kebalikannya, mereka bakal menghargai Anda.
7.
BERCANDA
Candaan akan membuat suasana lebih akrab dan
menyenangkan. Namun, untuk bercanda, Anda juga harus jeli melihat situasi.
Juga, pilih materi yang tak bakal menyinggung perasaan salah seorang dari teman
Anda. Gaya bercandanya pun jangan kasar, misalnya memojokan orang lain. Saat
dalam bercandaan/ guyonan itu, sesuaikan karakter Anda dengan karakter rekan
Anda agar rekan Anda tidak tersinggung.
Inilah tips yang bisa saya bagikan untuk Anda
semua, Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar